Rabu, 18 Mei 2016

Spesifikasi dan Review Nikon D3400 Kamera DSLR

 


Nikon mempersiapkan kamera DSLR Nikon baru untuk pemula yaitu Nikon D3400 dan beberapa lensa dengan sistem autofokus baru (AF-P). Nikon D3400 ini tidak terlalu berbeda dari Nikon D3300 dari berbagai segi. Kualitas gambarnya sama, sistem autofokus 11 titik, video 1080/60p, kecepatan foto berturut-turut 5 foto per detik.

Hal paling signifikan dari D3400 yang diklaim Nikon adalah daya tahan baterai kamera ini lebih baik dibandingkan Nikon D3300. Nikon D3400 dapat memotret 1.200 foto dalam satu kali pengisian penuh daya baterai, dan jumlah ini jauh lebih besar dibandingkan D3300 dengan 700 foto. Selain baterainya yang diklaim bertahan lebih lama, D3400 juga dilengkapi dengan SnapBridge, memungkinkan kamera terkoneksi dengan perangkat mobile melalui Bluetooth Low Energy. Dua fitur pada D3300 yang tidak diikutkan pada D3400 adalah port mic eksternal serta ultrasonic sensor cleaning.

Sayangnya ada juga fitur yang dikurangi, yaitu sistem anti-dust pembersih sensor, dan port external mic yang biasanya digunakan oleh videografer untuk memonitor audio.

Dengan diumumkannya Nikon D3400, maka jelas Nikon masih terus mengunakan strategi yang cukup konservatif yaitu mengunakan komponen-komponen kamera lama dan menambahkan teknologi baru. Teknologi Snapbridge tentu berguna dan relevan untuk era sekarang yang suka sharing foto dengan cepat ke media sosial melalui ponsel.

Berbeda dengan pembuat kamera lain yang saat ini fokus ke pengembangan kamera mirrorless, Nikon tetap membuat kamera DSLR. Belum ada tanda-tanda Nikon akan serius membuat kamera mirrorless untuk menggantikan sistem kamera DSLRnya. Selama ini, Nikon memiliki sistem kamera mirrorless,  tapi banyak kritik bahwa sensornya terlalu kecil sehingga kualitasnya tidak terlalu berbeda dengan kamera compact.

Pengembangan lensa kit juga saya nilai baik karena AF-P memungkinkan autofokus lensa lebih mulus dan tidak berisik untuk keperluan foto dan juga video. Lensa Nikon AF-P 70-300mm f/4.5-6.3 terlihat cukup ringkas dengan harga terjangkau. Sepertinya akan sangat membantu untuk pemotretan subjek jauh seperti satwa liar dan kegiatan olahraga.

Bluetooth

Setelah sebelumnya memberikan fitur bluetooth di kamera APSC flagshipnya D500, Nikon tak melupakan seri kamera pemulanya ini.

Yup, kamera Nikon D3400 ini hadir dengan fitur bluetooth, untuk memudahkan kamu penggunanya langsung mengirimkan foto hasil jepretan ke smartphone kesayangan dengan menggunakan aplikasi Snap Bridge dari Nikon.

Meski dibilang agak telat jika dibanding sistem kamera Mirrorless yang saat ini sangat mudah berbagi foto ke smartphone (via Wi-Fi), mungkin bagi Nikon lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan?

Jangan berharap adanya fitur Wi-Fi hingga NFC di seri kamera ini, sepertinya Nikon sudah cukup puas menyematkan fitur bluetooth untuk seri entry level paling bawahnya.

teknologi Snapbridge. Teknologi ini menghubungkan kamera dan ponsel melalui Bluetooth low energy (BLE), lebih hemat tenaga daripada sistem Wifi sehingga antara kamera dan ponsel bisa terhubung terus menerus tanpa kuatir baterai cepat habis.



Dua Pilihan Lensa Kit Baru
Melengkapi pilihan kamera Nikon D3400 ini, tersedia dua pilihan lensa kit bagi penggunanya.
Kedua seri lensa AF-P ini serupa yaitu Nikkor AF-P 18-55 mm f/3.5-5.6 G, yang membedakan hanyalah yang satu tersedia dengan fitur Vibration Reduction (VR) dan yang kedua adalah versi non VR.

Seri lensa AF-P ini merupakan seri lensa yang menggunakan stepper motor, serupa seperti seri lensa Canon yang versi STM. Nikon mengklaim bahwa lensa ini lebih cepat dan lebih senyap saat digunakan, sehingga ideal jika dipakai merekam video.

Kedua model lensa kit ini memiliki dua elemen lensa aspherical serta fitur Super Integrated Coating. Fitur VR yang dimilikinya sendiri disebutkan mampu mengurangi getaran hingga 4 stop.

Upgrade Kamera Tidak?
Bagi kamu yang begitu membutuhkan fitur Bluetooth untuk eksis di media sosial (yang notabene tidak tersedia di seri entry level D3000-an sebelumnya), kamera ini patut kamu nantikan.
Meskipun begitu, biasanya karena baru diluncurkan pasti harga kamera ini masih termasuk mahal dibandingkan seri diatasnya (D5200, D5300) yang hadir lebih dulu.

Kalau kamu mementingkan kamera yang lebih powerful, seri Nikon D5200 atau D5300 masih jauh lebih worthed untuk dimiliki saat ini, dengan harga yang tentunya tidak terpaut terlalu jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar